KOMFOS Media - Media Informasi Tour Wisata, Budaya dan Komunitas Fotografer Bangka Belitung
Home » , » Komposisi Dalam Fotografi

Komposisi Dalam Fotografi

Written By Komfos Bangka on Sabtu, 13 April 2013 | 18.00

Komposisi dalam Fotografi - Komposisi dalam fotografi adalah sebuah cara bagaimana kita membagi bidang dalam sebuah gambar yang harmonis kemudian menggabungkan beberapa elemen di dalamnya sehingga menghasilkan sebuah gambar yang bercerita, menarik, utuh dan memiliki daya tarik.  Oleh karena itu komposisi adalah hal yang paling mendasar dalam fotografi , karena komposisi adalah alur cerita dari sebuah foto. 
" Kesuksesan sebuah foto adalah ketika kita bisa berkomunikasi melalui foto "

Memahami komposisi itu susah - susah gampang dan gampang - gampang susah :D , karena komposisi itu tergantung selera kita masing - masing. Namun menurut saya agar lebih mudah memahami komposisi yaitu komposisi dapat di artikan juga sebagai garis khayal dimana kita membawa penikmat foto seolah menjadi bagian dari element dalam foto, komposisi dapat di artikan juga sebagai alur cerita dimana kita bisa menceritakan isi foto atau mengajak mata penikmat foto ke objek yang merupakan point dari foto kita. Elemen-elemen yang bisa kita jadikan komposisi untuk menceritakan foto mencakup garis (line), bentuk (shape), wujud (form), tekstur (texture) dan pola (pattern)
 

Elemen Komposisi :

1. Garis
Seperti yang saya utarakan di atas bahwa komposisi dapat di artikan juga sebagai garis khayal, garis merupakan elemen paling dasar untuk membentuk komposisi. Karena tanpa garis tidak akan ada bentuk, tanpa bentuk tidak akan ada wujud dan intinya tanpa garis serta bentuk tidak akan ada pola. elemen garis ini paling banyak kita temui sehari - hari seperti lantai keramik, langit - langit, jalan, gedung dan masih banyak lagi. elemen garis dapat kita bagi menjadi garis vertikal, garis horisontal, garis diagonal dan garis lengkung. Oleh karena itu untuk mengasah "rasa peka" kita, perbanyak memperhatikan sesuatu dan membawanya ke dalam garis hayal kita agar kita tau seberapa pantas pula garis yang kita temui .

2. Bentuk
Bentuk adalah bagaimana cara objek terhubung satu sama lain kemudian membentuk suatu bidang 2 dimensi dalam gambar menjadi suatu bentuk dapat menarik mata untuk mengidentifikasi objek satau persatu dengan detil. Dengan komposisi bentuk maka gambar akan terkesan lebih dinamis, seimbang, tertata dengan baik dan menarik untuk dilihat. 
Contoh penerapan elemen komposisi bentuk dalam gambar adalah ketika memotret 3 orang sekaligus dalam satu foto, coba bayangkan jika ketiganya diatur berdiri sama tinggi maka akan mendapatkan sebuah foto yang kaku dan kurang enak dipandang. Lain halnya jika ketiganya disusun ada yang joangkok atau berlutut sehingga membentuk sebuah segitiga maka secara keseluruhan gambar anda akan tampak lebih dinamis, seimbang dan menarik.

3. Wujud

Elemen wujud merupakan pengembangan dari elemen bentuk dari 2 dimensi menjadi wujud 3 dimensi. Elemen wujud adalah ketika kita melihat dimensi dari objek dalam gambar dan elemen tersebut akan memberikan kedalaman fokus dari gambar. Seperti contoh bentuk sebuah jeruk terlihat seperti bola ( wujud 3 dimensi) dan bukan seperti sebuah piringan ( bentuk 2 dimensi). Terkadang untuk menekankan bentuk subjek dalam tersebut, penggunaan cahaya dan bayangan sangat penting untuk membuat objek foto terlihat lebih berdimensi

4. Tekstur (Texture)
Elemen tekstur adalah kesan dimensi yang cenderung abstrak dan memberikan kedalaman gambar terhadap objek . Tekstur dapat dilihat ketika cahaya mengenai permukaan dengan sudut yang rendah atau ketika objek diterangi oleh sumber cahaya yang miring untuk membentuk bayangan yang sama dalam area tertentu ( shadow highlight ).

5. Pola
Pola merupakan pengulangan bentuk, wujud dan tekstur. Kunci dari penggunaan pola dalam gambar adalah menemukan variasi yang tidak monoton sehingga mampu menarik perhatian. Perlu diingat bahwa terlalu banyak keseragaman pola akan mengakibatkan gambar menjadi membosankan.

Aturan Komposisi :
1. Rule of Thirds
Dalam kamera DSLR, biasanya sudah dilengkapi dengan visual grid dalam viewfindernya. Dalam aturan ini disimpulkan bahwa agar sebuah gambar yang diambil lebih menarik, harus fokus ke Focal Point. Fokuskan Focal Point di salah satu titik maupun garis pada sepertiga bagian frame. Hal yang tidak boleh dilakukan misalnya menempatan foto landscape di tengah-tengah frame. Tentunya itu akan memengaruhi kualitas dan hasil foto yang diambil. 

2. Rule of Odds
Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia sederhana, Rule of Odds artinya adalah aturan ganjil. Maksud dari aturan ini adalah, sebuah gambar dirasa akan semakin menarik secara visualnya jika memiliki jumlah yang ganjil. Misalnya Anda akan memfoto teman Anda, jangan memfoto 2 orang tapi 3, 5, 7 atau seterusnya dalam bilangan ganjil. Memang aturan ini bisa dibilang sedikit aneh, namun rules of odds hanya berlaku untuk beberapa momen saja. Menurut penelitian, seseorang akan lebih nyaman dan mudah jika melihat objek yang jumlahnya ganjil. Menarik bukan? 

3. Rule of Space
Artinya adalah aturan ruang kosong, Rule of Space erat sekali kaitannya dengan Rule of Thirds. Aturan ini biasanya sudah ada dalam pikiran kita, namun tanpa disadari itu adalah aturan dasar dalam fotografi. Jika Anda akan menggambarkan sebuah pergerakan dalam ruangan yang lebih besar, Anda perlu memasukkan ruang kosong yang terbebas dari adanya “pemecah perhatian”. Contohnya adalah jika Anda akan memotret seseorang yang sedang berlari, Anda harus memberikan ruang kosong dimana tujuan berlari itu (ruang kosong lintasan lari di depan si pelari). yang tidak baik adalah memberi ruang kosong di belakang pelari. Jika nanti orang-orang melihat hasil foto tersebut, mereka akan berpikir apa yang akan dituju oleh si pelari. 

4. Point Of View ( POV )
Point of view atau Sudut pandang dalam fotografi berarti posisi dari mana kamera melihat adegan. Apakah Anda melihat ke bawah pada subjek? Apakah Anda memandang subjek? Seberapa dekat Anda dengan subjek? Apakah ada sesuatu antara Anda dan subjek? Setiap keputusan yang Anda buat tentang sudut pandang akan mengubah cara orang melihat foto anda. Di sini kita di tuntut menampilkan objek dengan titik pandang yang semenarik mungkin. Carilah sudut pandang yang unik sehingga membuat kesan foto kita lebih dramatis. 

Tips Komposisi
Berikut adalah beberapa tips yang diambil dari berbagai referensi untuk menghasilkan komposisi yang menarik, akan tetapi ini hanya lah panduan saja bukan merupakan suatu aturan yang baku karena masalah komposisi adalah masalah selera masing-masing fotografer.

 1. Beri penekanan fokus yang jelas pada objek yang ingin di tonjolkan

komposisi fotografi

2. Fokuskan perhatian foto ke objek utama dengan menggunakan warna, cahaya dll
komposisi fotografi

3. Buang objek pendukung yang tidak membantu dalam penyampaian pesan dalam gambar , terlalu banyak menampilkan objek pendukung akan membuat gambar terlihat seperti penuh dan komposisi nya berantakkan, usahakan tampilkan foto sesederhana mungkin karena simple is best


komposisi fotografi

4. Tegas dalam mengeksekusi objek dengan menghilangkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan objek utama atau ubah sudut pengambilan gambar agar hal yang tidak berhubungan tersebut tidak tampak dalam gambar. usahakan area frame harus "clear", namun terkadang penggunaan framing seperti ranting / daun malah menambah kesan  foto lebih hidup. Jadi manfaatkan sesuatu elemen jika tujuan dan argumen pesannya jelas.


komposisi fotografi

Sebenarnya masih banyak contoh lain selain tips di atas, tips ini hanya mewakili dari sekian banyak dari aturan - aturan fotografi yang tidak baku. Karena seperti yang saya utarakan di atas bahwa komposisi dalam fotografi adalah rasa pantas menempatkan objek, membagi bidang frame, rasa nyaman untuk menikmati sebuah foto dll. Yang terpenting banyak - banyaklah melihat foto karya orang dan berlatihlah sesering mungkin agar foto kita menjadi lebih baik.

Share this article :
English French German Spain Italian Dutch Japanese Chinese Simplified

Fotografer Portofolio

Read More on this category »

komunitas fotografer sungailiat bangka
(Ruko Graha Mulia I) Jl. Batin Tikal Air Ruay
Kel. Karya Makmur Sungailiat Bangka
Prop. Bangka Belitung
Hp. 08974599051
email : komfosmedia@gmail.com
 
Support : KOMFOS Media @2014 Author :
Copyright © 2011. KOMFOS Media Bangka Belitung - All Rights Reserved
Admin : Waroeng Komfos Proudly powered by Blogger
Template Design by Creating Website Published by KOMFOS